#BlogAkhirTahun: An Adventure-escape Wishes

Hello Folks!

Nah, akhirnya ada Bab tambahan buat ngisi hajatan #BlogAkhirTahun. Saya menyebutnya: An Adventure-Escape Wishes, yaa.. semacam cara menikmati perjalanan dengan cara yang tidak umum bagi sebagian orang. Sedang mengajukan proposal langit kepada penguasa langit dan bumi, berikut calon kisah perjalanannya:

  • Mountain Trail Running 

Pertama kali saya naik gunung adalah Welirang dengan ketinggian 3156 mdpl. Selama ini mainstream cara menikmati gunung itu gendong carriersewa porter bagi yang mampu—seberat 15-20 kg, buka tenda, masak, re-packing, trekking lagi. Rencana yang selalu tertunda saya kali ini adalah mountain trail running. Konsep trail running mempersingkat durasi perjalanan dengan jalan cepat dan sesekali lari di jalur pendakian, karena beban yang kita bawa hampir tidak ada, selain logistik. Estimasi saya dari pos perijinan—Puncak—Pos perijinan lagi, berangkat pagi kemungkinan sebelum gelap sudah selesai. Berat. Calon korban uji coba trail running pertama adalah Gunung Welirang.

Kenapa Welirang? selain menjadi tempat pertama kali naik gunung, saya pernah tersesat dan survivor di sini. Begini ceritanya: Antara Hidup dan Mati di Gunung Welirang.

  • Long Distance Cycling

Rute yang akan saya tempuh adalah Sidoarjo—Bali—Lombok. Jarak tempuh yang lebih dari 400 km cukup berat buat anak gowes kemarin sore seperti saya. Jika setiap hari mampu gowes 60 km, dari rumah Sidoarjo ke Lombok cukup butuh waktu seminggu. Terdengar mudah, iya didengar aja dulu. Ini lebih berat.

  • Diving 

Indonesia adalah Negara kepulauan dari Sabang—Merauke. Hampir setiap provinsi di Indonesia mempunyai dive spot. Intinya saya harus belajar dan mencoba buat menyelam tahun depan. Kalau biaya ambil sertifikat open waterdiving mahal, coba cari teman yang sudah jadi dive master biar diajarin gratisan, seperti saya misalnya. Gembel tips.

  • Umroh Backpacking 

Kiblat sujud setiap sholat, Mekkah. Makam Rasulullah SAW, Madinah. Kalau kakek-nenek moyang kita terdahulu, naik kapal laut berbulan-bulan buat naik haji dan umroh. Kenapa cucunya kalah, manusia jaman akhir. Air Asia sudah menyediakan tiket Surabaya—Jeddah yang harganya sudah jauh lebih murah, selangkah kaki sudah di tanah haram. Kalau naik Haji harus antri sampai 25 tahun. Siapa yang ngerti umur manusia? dan umroh adalah pilihan. Malaikat sudah mencatat dan tinggal menunggu nomor antrian untuk packing dan berangkat.

Amal tak akan gagal bila disertai hati yang ikhlas. Niat yang baik itu separuh hitungan amal. Berhati-berhatilah menata niat.

***Allahuma yassir’lanna ziaarah’tal makkah wal maddinah.

  • Seven Summit 

Cartenz, Kerinci, Semeru, Rinjani, Rante Mario, Binaiya, Kinabalu (Malaysia). Aduh ini cita-cita setiap anak gunung. Tujuh puncak tertinggi di setiap gugusan pulau besar di wilayah Indonesia. Semoga tahun depan koleksi seven summit bertambah, syukur-syukur bisa ketemu world seven summit. Amen!

2 thoughts on “#BlogAkhirTahun: An Adventure-escape Wishes

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.